introvert dan extrovert, sensing and intuition

selama ini orang sering berpikiran bahwa orang yang periang mudah bergaul dan suka bersosialisasi adalah orang yang extrovert. begitu juga sebaliknya orang yang pendiam dan menarik diri dari kehidupan sosial atau lebih suka menyendiri itu lebih di bilang introvert. orang yang naturally introvert biasanya sumber energi nya berasal dari dalam diri sendiri, sedangkan orang yang extrovert sumber energinya ia dapatkan dari lingkungan .sekitar dan interakasi yang ia dapatkan. semakin baik semakin banyak interaksi sosial yang dialaminya, energinya juga semakin bertambah, orang  yang ekstrovert tidak dapat hidup sendiri, they always need somebody else. orang -orang extrovert juga cara berpikirnya lebih terhadap konsep dan memperhatikan teman-temannya.

Orang introvert adalah orang yang senang kesendirian, solving their own problems in their heads.they will interacts if the interactions fun / enjoyable,
dan ga bertentangan dgn prinsip hidup mereka. kalo dalam pola berpikir ia memiliki konsep yang teratur, biasanya orang orang ini banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan biasa berkomunikasi one on one. menurut saya orang yang introvert bisa saja orang yang aktif, periang dan suka bersosialisasi,
namun biasanya setelah sekian waktu bersosialisasi, orang introvert perlu privacy, butuh ketenangan untuk recharge batterynya lagi.sedangkan orang yg ekstrovert bisa saja menjadi orang yang pendiam kalo dia tidak mendapatkan lingkungan yg mendukungnya dan memberikan apa yg dia butuhkan.

Intuisi
Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan diluar kesadaran

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka, halmana menunjang kesuksesan mereka. Salah satu bentuk kemampuan psi yang sering muncul adalah kemampuan intuisi. Tidak jarang, intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil.

intuisi juga merupakan orang orang yang biasanya bergerak dengan menggunakan perasaan mereka perasaan mereka lebih peka terhadap lingkungannya untuk dapat menyelesaikan suastu masalah.

sensing

merupakan tipe2 orang yang menggunakan dan mengungkap kan informasi yang ia dapat dari ke 5 indera nya biasa nya orang yang seperti ini akan lebih peka juga terhadap lingkungannya tipe orang yang seperti ini akan meamaki data data yang faktual apa yang ia dapatkan dari kelima indera nya itu sesuai dengan yang ia rasakan.

 

dari jenis jenis kepribadian tersebut semuanya saling bertolak belakang satu dengan yang lainnya dan kita harus yakini bahwa memang ada orang orang seperti itu tapi dengan adanya seperti itu bukannya kita menjadi harus memilih milih dalam bergaul atau berbisnis tapi kita harus bisa lebih mengerti kita berbicara dengan tipe orang yang seperti apa sehingga orang yang kita ajak bicara akan terasa nyaman dan nyambung berbicara dengan kita. kalo kita memilih diantara kepribadian tersebut mana yang terbaik sepertinya semua nya adalah yang terbaik tergantung dimana kita bisa memposisikan kepribadian kita itu di dalam kehidupan nyata. yang mana kah tipe anda? kenali lah diri anda dan kembangkan sesuai dengan kemampuan anda

One thought on “introvert dan extrovert, sensing and intuition

  1. saya baru aja tes stifin, dan saya masuk ke Intuiting introvert. tapi saya termasuk suka bersosialisasi, talkative, easygoing, dan bisa di bilang agak menonjol. walau setelah itu, saya akan mengurung diri di kamar dalam waktu yang lamaaaaa sekali… sekedar berpikir atau membaca.

    ilmu yang menarik.

    terima kasih kak atas suguhan pengetahuannya 🙂

Leave a comment